Jumat, 26 November 2010

Bacaan Wajib (Calon) Pengurus Lingkungan

MENJADI pengurus lingkungan merupakan panggilan. Banyak yang dipanggil, tapi sedikit yang terpilih. Karena, mereka kurang menanggapi panggilan itu. Tuaian memang banyak, namun pekerja sedikit, karena tak semua orang tertarik berkarya dalam bidang pelayanan.

Kerap kali kita mendengar beragam alasan, saat seseorang ditunjuk menjadi pengurus lingkungan. Dengan berbagai dalih mereka mencoba menghindari tugas dan tanggung jawab. Rupanya, orang lebih senang dilayani daripada melayani. Sehingga yang terjadi, mereka yang aktif dalam kegiatan kegerejaan, orang ‘itu-itu’ saja.

Berperan dalam kehidupan dan perkembangan Gereja, tak hanya tugas para biarawan/wati. Kaum awam pun memiliki tanggung jawab yang serupa. Karena, tanpa dukungan kaum awam, kehidüpan dan perkembangan Gereja tidak akan membuahkan hasil yang sepenuhnya.

Namun, terkadang kita menjumpai kenyataan yang ironis. Banyak di antara pengurus lingkungan yang tidak memiliki bekal apa pun dalam menjalankan tugas. Tidak ada pembekalan atau pelatihan khusus mengenai hat tersebut. Seringkali mereka harus belajar secara otodidak, tanya sana-sini. Melihat hal tersebut, maka buku ini dapat menjadi salah satu jawaban untuk menjawab kebutuhan itu.

Buku ini sangat berguna bagi para pengurus lingkungan yang sedang menjalanankan tugas dan bagi para calon pengurus lingkungan. Mulai dari hal-hal yang teontis dalam pe layanan, hingga berbagai ide untuk meningkatkan pelayanan agar tidak terkesan monoton.

Pemahaman teoritis itu dapat diperoleh mulai bab pertama hingga kelima. Bab ini membahas keterlibatan kaum awam dalam Gereja dan lingkungan, ide Gereja diaspora, lingkungan dan komunitas basis serta peran pengurus dalam aktivitas lingkungan.

Sementara, pada bab ketujuh disodorkan tentang upaya-upaya untuk meningkatkan motivasi dan semangat pelayanan. Dan, untuk meningkatkan keterampilan para pengurus lingkungan, buku ini juga memuat berbagai id-ide dalam pelayanan di lingkungan.

Buku ini tak hanya bermanfaat bagi umat yang saat sudah aktif dalam kegiatan di Gereja, tapi juga bagi seluruh umat. Terutama dalam upaya meningkatkan pelayanan di Gereja dan dalam melakukan regenerasi pengurus lingkungan (Panjikristo).

***

Siap Menjadi Pengurus Lingkungan
F.X. Didik Bagiyowinadi, Pr
14 x 21 cm; xvi + 132 hlm
Rp 24.000,-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar